Soft Launching Tamiang v1.00 - Balinese Keyboard and Word Processor

Merosotnya budaya dan kearifan lokal, salah satunya terlihat dari penggunaan bahasa daerah yang semakin tenggelam. Dimana bahasa Bali semakin terabaikan dan makin merosot posisinya terutama dikalangan anak muda. Oleh sebab itu Pemkot Denpasar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar berkerja sama dengan civitas dari Universitas Udayana Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA dan SMKN 1 Denpasar, membuat suatu terobosan baru dan unik di bidang Teknologi Informasi, yaitu Aplikasi Aksara Bali pada komputer dengan Balinese Keyboard. Demo aplikasi “T@miang v1.00 - Balinese Keyboard and Word Processorditinjau langsung Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar I Dewa Made Agung dan Kadis Kebudayaan Kota Denpasar I Made Mudra, Senin, 17 Pebruari 2014 di Gedung Sewaka Dharma. Selain itu Akademisi Fakultas Sastra, Perwakilan LPPM serta Ketua Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA Univeritas Udayana dan permerhati/tokoh Aksara Bali juga turut hadir dalam acara Soft Launching Tamiang v1.00 - Balinese Keyboard and Word Processor.

Sebut saja, Tamiang Ed adalah sebuah perangkat lunak pemrosesan dokumen, yang digunakan untuk membuat dan menyusun dokumen dalam Aksara Bali. Tamiang Board adalah Keyboard Aksara Bali (ha na ca ra ka...) yang layoutnya diposisikan sedemikian hingga berdasarkan penelitian dalam menempatkan posisi aksaranya agar lebih ergonomis dan mudah digunakan. Dibuat oleh Tim "Tamiang", Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Udayana bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Denpasar, didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Denpasar dan Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Darmawijaya Mantra

Lebih detail tentang Tamiang v1.0 merupakan aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman Java, yang dapat dijalankan dihampir semua Operating System (multi platform). Aplikasi ini menggunakan standar ISO 15924, merupakan ISO untuk aksara bali (Balinese Unicode 1B00 - 1B7F). ISO ini merupakan standar internasional untuk simbol/karakter diluar huruf latin. Untuk posisi layout keyboard-nya sendiri dibuat sedemikian hingga agar mudah digunakan dan ergonomis. Penentuan layout berdasarkan penelitian menggunakan data set tulisan bali, seperti cerpen, itihasa, orti, pabligbagan, paribasa, pidarta, puisi, dan satua. Semua data set tersebut diolah untuk mendapatkan jumlah kemunculan huruf yang sering muncul. Kemunculan huruf tersebut disebar merata kanan dan kiri dilihat dari posisi tangan terhadap keyboard (asumsi posisi 10 jari), huruf yang paling banyak kemunculannya ditempatkan pada jari telunjuk kanan dan yang nomor dua pada jari tangan kiri, begitu seterusnya.



T@miang v1.00 - Balinese Keyboard and Word Processor  dibuat sepenuhnya untuk menjaga Warisan Budaya Bali, dan Aksara Bali tetap bertahan walaupun jaman sudah berubah. Pengguna yang menggunakan T@miang v1.00 memang harus mengerti Aksara Bali dan aturan penulisannya, karena tamiang dibuat bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap penggunanya, agar Aksara Bali tetap menjadi aksara orang Bali, dan menjadi salah satu kekayaan Warisan Budaya Bangsa Indonesia yang tetap bertahan.



Dipersebahkan oleh

Tim "T@miang" :

Cokorda Rai Adi Pramartha, ST, MMSI.
Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom, M.Cs.
I Komang Arimogi, S.Kom, M.Kom
Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom, M.Kom
I Nyoman Buda Hartawan, S.Kom, M.Kom
I Putu Gede Hendra Suputra, S.Kom, M.Kom
Gede Aditra Pradnyana, S.Kom, M.Kom



SMK Negeri 1 Denpasar

Pembina :

I Wayan Santiyasa, S.Si, M.Si
I Ketut Gede Suhartana, S.Kom, M.Kom

Didukung oleh :
Ida Bagus Rai Darmawijaya Mantra, Wali Kota Denpasar
Kadis Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Denpasar, I Dewa Made Agung beserta staff jajarannya

Nara Sumber :
Dr. Drs. Ida Bagus Rai Putra, M.Hum, Dosen Fakultas Sastra, Universitas Udayana


Berita terkait :

http://kominfo.denpasarkota.go.id/index.php/baca-berita/6721/Pemkot-Denpasar-Perkenalkan-%E2%80%9CBalinese-Keybord-Aksara-Bali%E2%80%9D

http://metrobali.com/2014/02/18/pemkot-denpasar-perkenalkan-balinese-keybord-aksara-bali/